Assessment Center

Assessment Center

Management Skill Assessment Program dalam rangka penelusuran Potensi dan Kompetensi.

Manfaat Dari Assessment

  1. Diketahuinya “Potensi” dari setiap peserta (assessee).
  2. Diketahuinya “Kompetensi” dari setiap assessee.
  3. Dapat dilakukannya pola Staffing/Placement yang tepat dalam rangka optimalisasi kinerja.
  4. Dasar pertimbangan pengembangan karir dan promosi.
  5. Rencana program pembinaan dan pemberdayaan bagi peningkatan kemampuan serta keterampilan peserta.

Metode Pelaksanaan Assessment

Metode pelaksanaan assessment yang dilakukan oleh Psikolog adalah sebagai berikut:

  1. Metode Tes

    Kegiatan pemeriksaan / pengukuran melalui Psikotes/Psikometri yang diberikan pada peserta.

  2. Metode Interview

    Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh Psikolog kepada peserta/kandidat secara individual.

  3. Metode Observasi

    Kegiatan pengamatan terstruktur yang dilakukan Psikolog terhadap seluruh perilaku Assessee secara individual selama pemeriksaan / kegiatan assessment berlangsung.

Metode pelaksanaan Assesment yang diberikan kepada Assessee adalah sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan Psikologi (Psikometri)

    Pemeriksaan berbagai aspek potensi psikologik melalui seperangkat batrey-test yang disusun berdasarkan kepentingan / tujuan pemeriksaan.

  2. Simulasi

    Kegiatan kelompok untuk menggali kompetensi melalui berbagai dimensi perilaku peserta.

  3. Studi Kasus

    Kegiatan individual yang harus diselesaikan peserta untuk menggali kompetensi dari setiap peserta.

  4. Tugas Mandiri (Inventory)

    Tugas perorangan, berupa pengisian kuesioner yang akan memberi gambaran / profile psikologik tertentu yang dimiliki peserta.

Dimensi Perilaku Dan Key Behavior

Dari informasi yang telah diperoleh, dumensi-dimensi yang akan di-assess bagi para pejabat, dalam kaitannya dengan penelusuran potensi dan kompetensi pada Level Top Manager, Middle Manager maupun Lower Manager, mencakup bidang:

  1. Planning Organizing dan Controlling.
  2. Delegating.
  3. Decisiveness.
  4. Analysis.
  5. Negotiation.
  6. Customer Service.
  7. Enterpreneural Insight.
  8. Inisiative.
  9. Leadership.
  10. Personal Influence.
  11. Emotional Intelegent.
  12. Personal and Coorporate Effectiveness.
KEGIATAN DIMENSI PERILAKU YANG DINILAI (CONTOH)
PSIKOTEST/PSIKOMETERI KEPRIBADIAN
Leaderless Group Discussion (LGD)(Observasi)
  1. Kepemimpinan
  2. Kemauan Persuasi
  3. Pengambilan Keputusan
  4. Inisiatif
In Basket
(Observasi & Interview)
  1. Leadership
  2. Planning & Organizing
  3. Delegating
  4. Decisiveness
  5. Analysis
  6. Negotiation
  7. Customer Service
  8. Inisiative
Looking for Professional Approach and Quality Services ?